Jumat, 07 November 2014

Tips dan Cara Memulai Blogging / Ngeblog Untuk Pemula


Tips dan Cara Memulai Blogging / Ngeblog Untuk Pemula 


  Apa bedanya blogging dengan ngeblog? ga ada bedanya sob, hanya saja ngeblog sebagai kata kerja yang lebih gaul daripada "blogging" tentunya lebih gaul untuk di pakai di tanah air Indonesia :D .


Ingin menjadi blogger? Ingin mulai ngeblog? Mulai ngeblog bisa jadi merupakan pekerjaan sulit. Tetapi tenang, Anda telah maju selangkah dan tinggal beberapa langkah lagi. Karena Anda telah mencari tahu bagaimana cara melakukannya. Kalau saya jarang ngeblog di PC / Komputer, ini hanya mengisi waktu luang saya. Blog pertama saya adalah blog yang dibuat oleh Mr.Arvind Gupta, pemilik situs blog ponsel www.mywapblog.com yaitu www.aditcoolsite.heck.in. Dan sekarang saya bikin blog di blogger.com milik google.com dan sebagaimana ciri khas layanan - layanan milik google.com atau yang akrab di panggil dengan Mbah Google

  Blog yang bermula dari kata "web log" (catatan web) sebagai salah satu bentuk aplikasi web yang berisi postingan dalam bentuk tulisan. Sesuai perkembangan jaman, blog tidak hanya berisi tulisan tetapi juga sekarang berisi gambar atau pun video atau juga campuran semuanya.

 CMS yang lebih sederhana dengan fasilitas berjibun disediakan oleh Mbah Google melalui BPS Blogspot yang berbasis bahasa HTML yang dapat dikembangkan ke Java dan jQuery. Tidak ada batasan hosting terhadap jumlah artikel yang dipublikasikan menjadi salah satu keunggulan blogspot. Bahkan 1 akun bogger dapat membuat 100 blog di dalamnya. Mbah Google menyediakan gratis untuk semua pengguna, sampai batas Google bangkrut atau mengubah kebijakan lainnya. Hal ini pernah terjadi pada BPS Multiply yang akhirnya tutup usia alias wafat alias menutup seluruh fasilitas gratisnya. Dengan kekuatan keuangan perusahaan Google, sangat jauh kemungkinan fasilitas gratis ini dicabutnya. 

 Blogspot kemudian banyak digunakan oleh para blogger (narablog) untuk mempublikasikan konten (istilah gaulnya "mosting" - memposting artikel). Konten yang beredar pun menjadi beragam. Tak sulit menemukan blogger yang membuat blog untuk menyebarkan informasi layaknya sebuah media massa mainstream (media besar). Media massa itu memiliki website yang dikelola oleh banyak orang. Blogger memiliki blog yang dikelola terkadang hanya oleh perorangan, palingan juga 2 atau 3 orang. Tetapi jumlah para pembaca blog sering bisa menyaingi jumlah pembaca media massa online yang menggunakan website. 

 Kondisi ini menyebabkan kegalauan di media online, mau pakai web atau blog. Bagi para blogger, tentunya memilih blog sebagai media mereka menyebarkan informasi. Bagi pengusaha media besar, mereka biasanya memilih untuk menggunakan CMS sendiri yang dikerjakan oleh proggrammer khusus mereka dengan biaya super mahal. Biaya ini yang menjadi masalah bagi para blogger, alias dengan kantung tipis tetapi pengen ngeblog menyebarkan informasi ke khalayak ramai.

BAGAIMANA MEMULAI BLOG SEBAGAI MEDIA INFORMASI?

 

  Dengan kata pembuka di atas yang begitu panjang menyerupai kereta, bagi pembaca dipersilahkan untuk istirahat sejenak, ngemil, ngrokok, pipis, atau meregangkan otot agar bisa melanjutkan membaca artikel berikut ini. oke?

Saudara-saudara blogger seperjuangan. Selamat bergabung di dunia blog dan mulailah dengan  baik dan benar


 Dunia blog yang penuh warna kreatifitas dan pahala. Pahala didapat dari penyebaran informasi yang berguna bagi orang lain (itu juga kalo berguna, bukan kayak tulisan-tulisan disini ^_^ ) Mari mencari pahala dari dunia blog.

 Yuk kita mulai.

Memulai Blog di blogspot :
  1.  Punya akun email, bagusnya akun email dari gmail.com milik Mbah Google.
  2.  Membuat blog
  3.  Memelihara blog
 Dah cukup 3 langkah saja, ga ribet, ga sukar, ga susah. Tetapi yang namanya usaha pasti ada berhasil dan ada juga yang biasa-biasa aja. Ya ngga sob?! iya in aja dah

 Langkah tersulit yang umum dialami blogger adalah langkah ke 3 yaitu Bagaimana Memelihara Blog. Dalam hal ini diartikan bagaimana blog dapat selalu update dengan informasi yang berguna bagi pembaca/pengunjung-blog. Membuat blog tuh gampang, memeliharanya tuh susah, tapi bisa dibuat tidak susah. Yuk baca selanjutnya ...

Tips Memelihara Blog

 

1. Tujuan dan Topik blog

Tentukan tujuan dan topik blog yang akan sobat kelola. Hal ini akan mengkategorikan blog yang telah dibuat menjadi blog pribadi yang berisi curhatan, cerita-cerita, dan kejadian/opini pribadi terhadap suatu hal. Dapat juga Blog yang berisi artikel khusus politik, pendidikan, bahan pengajaran, teknologi, berita daerah dan lainnya.

2. Update Konten

Bagi guru yang mengelola weblog (website/blog) sekolah, dapat mengupdate konten (mempublikasikan artikel/gambar/video) tentang sekolah, dunia pendidikan, bahan ajaran, berita sekolah, berita siswa, dan artikel lainnya. Dapat juga mengisi konten dengan sebuah galeri foto maupun pengumuman sekolah.

3. Bahan Update Konten

Bahan konten sebenarnya tersebar dimana-mana, dibutuhkan kejelian pengelola untuk mengambil dan memodifikasi. Bahan berita pendidikan dapat diambil dari website misalnya :

  • http://kampus.okezone.com/
  • http://www.republika.co.id/kanal/pendidikan
  • http://edukasi.kompas.com/
  • http://www.riaupos.co/11-kategoriberita-teknologi.html
  • http://www.tribunnews.com/tribunners/pendidikan/
  • dan lain-lain.

Setiap bahan yang diambil dari website tersebut lebih bagus menyebutkan sumbernya jika pengambilan dilakukan dengan copy-paste.

Bahan ajar guru juga tidak salah dimasukkan ke dalam website sekolah. Bahan tersebut dapat diketik ulang dari buku, maupun penjelasan guru ketika di depan kelas.

Bahan dari murid juga bisa dimasukkan ke dalam weblog sekolah, misalnya ada seorang murid yang berbakat menulis cerita, puisi, pantun ataupun menggambar. Untuk hal ini dapat dikelompokkan misalnya dalam kategori/label "Karya Murid" atau dengan penambahan widget/gadget pada sidebar weblog.

4. Pengunjung

Setelah membuat weblog dan mempublikasikan konten, maka weblog tersebut harus diumumkan ke khalayak ramai. Baik melalui pengumuman sekolah oleh kepala sekolah atau guru, menulis di papan pengumuman, maupun menceritakannya ke orang-orang. Weblog yang telah dibuat bukan untuk disembunyikan tetapi untuk dibuka bagi khalayak ramai. tuh..

Akibat dibuka kepada khalayak ramai, maka diharapkan banyak orang mengunjungi weblog tersebut sehingga informasi yang diberikan dapat menyebar. Contoh : Jika seorang guru biologi menulis bahan ajarnya di weblog sekolah, maka akan banyak murid yang terbantu.

5. Tampilan

Tampilan awal yang sederhana tidak akan membuat orang lain marah. Sejalan dengan waktu, mulailah memperbaiki tampilan.

6. Belajar

Ilmu tiada habisnya. Dapat 1 ilmu, akan muncul seribu ilmu baru yang perlu diketahui dan dipelajari (dalam bidang apapun). Maka ngeblog itu sambil jalan dan mengalir bagai air. Jangan pernah putus asa untuk selalu berbagi ilmu/informasi, agar ilmu kita bermanfaat. :)

7. JANGAN TAKUT

Jangan takut salah atas informasi yang disebarkan, jika salah segera minta maaf dan mengedit informasi tersebut. Jangan merasa susah untuk minta maaf jika salah.

Sengaja saya tulis topik ini dengan huruf besar untuk memberikan tekanan atas kejadian yang berlaku umum atas ketakutan pengelola untuk berbuat sesuatu yang baik.

JANGAN TAKUT UNTUK BERBUAT SESUATU DENGAN TUJUAN BAIK UNTUK HAL BAIK.
 

Jangan takut/segan/malu menghubungi Blogger Para Master. untuk konsultasi lebih lanjut.
Atau Jika sakit kepala berlanjut, hubungi dokter atau puskesmas terdekat. hehehe


Ulangi langkah 2 dan 3 di atas secara terus menerus

Carilah bahan update. Updatelah konten. Sesekali perbaharui tampilan agar lebih segar.

TIPS DI ATAS JUGA BERLAKU UNTUK BLOG PRIBADI

Lakukan langkah-langkah di atas untuk blog pribadi. Kembangkan langkah-langkah di atas agar menjadi lebih baik.

 SALAM NEWBIE.GO BLOG 
dan mulailah menjadi manusia yang cerdas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar